Senin, 13 September 2021

IVF Journey Part 3 "OPU (Ovum Pick Up)"

Haii....
Setelah suntik stimulasi lanjut ke tahapan OPU (Ovum Pick Up)
Bdw, aku nulis blog ini bulan Maret dan lagi ngungsi di rumah sodaraku yang dikontrakin sembari nunggu rumah yang direnovasi. Ceritanya bakal ada di part selanjutnya ya, malah diluar cerita. hehe :D

OPU merupakan singkatan dari Ovum Pick Up, yaitu sebuah proses pengambilan sel telur yang matang. Bersamaan dengan hal ini, suami juga diminta mengeluarkan sperma untuk dipertemukan dengan sel telur tersebut (sumber google).

Setelah drama suntik menyuntik selesai lanjut buat proses menuju OPU. Hari selasa tanggal 2 Februari 2021 pagi aku ada jadwal tes darah estradiol, progesteron sama swab untuk mastiin aku negatif covid saat proses OPU. Kalo amit-amit positif maka proses OPU harus dipending dulu sampai dinyatakan negatif. Paginya langsung tes darah dulu sama swab, sorenya baru kontrol ke dokter Reino karena dokter Reino pindah praktek di sore hari.

muka gak santai pas diPCR

Sorenya pas kontrol ke dokter Reino, dokter bilang kalau rahimku gak halus, dan belum siap buat langsung ET (embrio transfer) saat selesai OPU. Karena rahimku yang belum siap langsung ET itu aku disaranin buat kuret dulu, kuret ini dilakuin bareng sama proses OPU..
Hati langsung "deg"
Sedih banget karena gak bisa langsung ET pasca OPU.
Tiba-tiba drama deh aku pake acara nangis, dan aku cerita kalau suami positif covid juga. Makin jadi deh nangisnya, dasar aku cengeng. Dokter Reino bilang "jangan nangis, jangan sedih, InsyaAllah nanti ada jalannya dan segera nyusul hamil". Dokter yang selalu nenangin pasiennya. Dari dokter Reino diresepin buat suntik ovidrel.

Abis dari dokter Reino langsung ke susternya buat dijelas-jelasin tentang tentang suntik ovidrel buat pemecah telurnya. Pas tahu suami positif covid, kata suster baru ini kasus pertama selama pandemi ada pasangan promil yang suaminya positif. Karena belum pernah ada kasus kaya gini, dokter dan susternya juga bingung harus gimana. Karena suami juga harus collect sperma biar pas selesai OPU bisa langsung diICSI (injeksi 1 sperma ke 1 oosit). Kata suster masih ditanyain dulu ke atasan baiknya gimana, apa freezing oosit dulu nunggu suami sampai negatif atau gak ada masalah untuk langsung collect sperma.
Selama nunggu kabar dari suster Mei, aku nangis dan bikin Ibuk jadi ikut nangis juga. Aku selalu mikir, kenapa selalu ada aja ujiannya mau IVF ini. Yang suami positif covid, yang harus kuret dulu. Jadi bingung ngadepin semuanya. Alhamdulillah ada Ibuk ada Ayah yang ada terus buat aku, nemenin aku. Apa jadinya kalau aku promil IVF ini gak ada Ibuk sama Ayah trus suami positif. Aku ngadepin semua ini sama siapa. Alhamdulillah Allah selalu punya cara buat bikin aku selalu bersyukur ditengah situasi apapun :')
yang selalu ada dan jadi penyemangat buat aku. Ibuk Ayah 💙

Ibuk 💙

Ayah 💙


Setelah lama nunggu, akhirnya suster Mei manggil aku lagi buat dijelasin. Katanya gak papa pas hari H OPU suami bisa langsung collect sperma, cuma bisanya drop spermanya di deket sini jangan jauh-jauh soalnya sperma gak bisa bertahan lama. Suster Mei juga ngasih tahu tentang suntik ovidrelnya harus sesuai dengan jam yang dikasih sama susternya gak boleh asal sembarang suntik dijamberapapun.

Abis dari suster Mei aku antri ke farmasi buat nebus ovidrel. Aku nelpon suami buat cerita semuanya. Trus suami nyaranin buat nginep di hotel depan klinik Morula biar gampang. Suami nanti ijin keluar dulu dari isomannya dan ke hotel bentar buat drop sperma trus langsung balik isoman lagi. Jadi kita sepakat buat nginep di hotel depannya klinik.

Aku dapet WA dari suster Risna kalau suntik ovidrel malam ini juga jam 21.00 dan rencana OPUnya tanggal 4 Februari jam 09.00. Nyampe rumah, di jam 21.00 aku mulai nyuntik ovidrel. Rasanya sama aja kaya suntik biasanya cuman bedanya ini lebih banyak aja yang disuntikkin yaitu 250iu sekaligus.


ovidrel 250iu


Besoknya tanggal 3 Februari ada jadwal kontrol ke dokter anastesi buat persiapan OPU. Kontrolnya di jam 12.00 siang. Aku di kabarin suster Risna kalau hasil swabku negatif, Alhamdulillah jadi bisa lanjut OPU. Paginya jam 09.00 aku berangkat ke Cikarang dulu buat nganter obat-obatan dan lain-lain buat suami yang lagi isoman. Karena aku rada henghong baca waze, alhasil salah jalan. Ayah nyetirnya salah masuk tol layang arah karawang. Harusnya cuman ke cikarang jadi bablas sampe karawang. Di jalan dapet WA kalau praktek dokter Riviq Anastesi dimajuin ke jam 11.00. Makin paniklah mana gak bisa turun ya, mau gak mau harus sampe karawang. Keluar tol karawang langsung masuk lagi menuju ke cikarang. Sampai di hotel tempat suami isoman jam 11.00 dan langsung tancap gas buat ke klinik. Di jalan udah ditelponin sama susternya dokter Riviq nanyain kapan sampainya. Katanya bakal ditunggu sampai pasiennya habis.

Sekitar 1 jam lebih perjalanan dan jam 12.30 baru nyampe klinik. Langsung cepet-cepet ke lantai 2 ruangannya dokter Riviq. Alhamdulillah masih ada 2 pasien yang ngantri. Pas ditensi sama suster ditanyai kenapa kok telat, nah aku jelasin lah kalau salah jalan dan susternya cerita kalau sengaja per pasiennya dilama-lamain sembari nunggu aku. Makasih suster, baik banget :). Pas masuk ruangan dokternya, first impression dokternya lucu, baik, dan jelasinnya asik. Sejujurnya untuk operasi-operasi aku rada takut sama biusnya soalnya abis LO tahun kemaren pas sadar aku sampe teriak-teriak dan rasanya takut, gak enak banget di dada. Tapi dokter Riviq ngejelasin kalau pas OPU itu dibiusnya bius lokal, cuman aku nanti dikasih obat tidur aja. Jadi nanti pas operasi gak ngerasain apa-apa dan pas bangun juga enak aja kaya orang bangun tidur biasa. Alhamdulillah denger penjelasan dokter Riviq yang jelas jadi tenang. Abis dari konsul kita langsung check in ke hotel depan klinik.

abis kontrol ke dokter Riviq

Keesokan paginya tanggal 4 Februari, pagi-pagi suami udah berangkat dari cikarang ke hotel tempat kita nginep. Tenang, kita sesuai protokol, gak ada kontak, dan semua langsung didisinfektan.

sembari nunggu jamnya drop sperma suami nunggunya di balkon kamar hotel


Setelah suami drop sperma suami langsung balik ke cikarang lagi. Sedih karena suami gak bisa nemenin operasi tapi ada Ibuk dan Ayah yang selalu standby. Sekitar jam 07.45 aku sama Ibuk langsung ke klinik Morula lama lantai 3 buat ngasih sperma suami. Abis itu aku langsung ke lantai 2 buat tindakan. Masuk ruangannya cuman boleh sendirian, Ibuk nungguin aku dilantai 3. Aku masuk buat ganti baju operasi, trus tiduran di ruangan sembari nunggu. Suster pasangin aku infus dan aku mulai masuk ruang operasi. Masuk ruangan operasi semua dokter dan susternya kenalan. Dokter yang OPU hari ini yaitu dokter Merry. Abis itu gak lama dokter anastesinya bilang mau masukin biusnya dan dikasih suntikan obat tidur.

Tiba-tiba bangun udah di ruangan tadi tempat recovery. Pas bangun emang bener enak kaya bangun tidur biasa gak seserem pas abis LO. Pas udah sadar aku tanya jamberapa, kata suster udah jam 10.00. Aku disuruh belajar miring, duduk dan aku dikasih paket yang sweet. Isinya ada roti, jus, handsanitizer, sama minyak roller gitu.
terharu dapet kata-kata manis gini :")

Suster dateng lagi buat ngasih tau hasil OPUnya. Jadi tadi yang kanan dapet 3 folikel dan 3 oosit, dan yang kiri dapet 7 folikel dan 7 oosit. Alhamdulillah semua ada oositnya. Aku tanya juga tentang tampon soalnya di mejaku ada tulisan "TAMPON". Kata dokternya dijelasin kalau proses OPU itu ada 2 efeknya. Ada yang berdarah biasa dan ada juga yang pendarahan berlebihan. Aku adalah tipe yang pendarahan berlebihan jadi harus dipasang tampon buat nyegah pendarahannya. Pendarahan itu normal, nanti yang abnormal kalau pendarahannya terus berlanjut dan makin parah harus langsung ke IGD. Abis itu aku suruh istirahat lagi sampe bener-bener pulih. Trus ada apoteker yang masuk buat jelasin obat-obat yang harus aku minum. Trus gak lama dokternya dateng lagi buat copot tamponnya dan aku ngliat banyak darahnya, sampe dikasih perlak. Abis itu setelah pulih banget infusku dicopot, aku beberes, ganti baju, dan langsung telpon Ibuk yang sedari tadi WAin aku terus nanya kapan aku selesainya. Ibuk pasti kwatir anaknya dioperasi :') Ibukpun langsung meluk aku dan terharu karena aku langsung bisa jalan dan gak kenapa-kenapa abis operasi. Alhamdulillah :)

selfie abis OPU :')

Kita langsung check out dari hotel dan perjalanan pulang. Di jalan pulang aku cerita tentang proses OPU tadi ke Ibuk dan Ayah. Pas nyampe rumah aku langsung disuruh istirahat sama Ibuk, gak boleh ngapa-ngapain. Semua pakain kotorku dicuciin sama Ibuk. Ya Allah, aku udah segede ini masih aja ngrepotin Ibuk. Jadi terharu, beruntung punya Ibuk yang pengertian banget. :')
Sorenya aku cerita semuanya ke suami, dan suami bersyukur banget semuanya berjalan lancar. Alhamdulillah. Suami cerita kalau dia sampai nangis, ya sedih karena gak bisa nemenin aku tapi juga bahagia, campur aduk katanya, kan jadi bikin aku sedih juga. 😢

vidcall sama suami cerita tentang OPU

Keesokan harinya tanggal 5 Februari siang, suster Risna WA aku ngabarin tentang hasil OPUnya. Dari 10 folikel ada 10 oosit. Ada 3 oosit yang immature (belum matang), ada 1 oosit yang abnormal, dan sisanya ada 6 oosit yang siap buat diICSI (diinjeksi sama sperma suami). Dari 6 oosit yang diICSI ada 4 yang fertilisasi (berhasil dibuahi) dan ada 2 yang tidak berhasil dibuahi. Kata suster Risna, Hari minggunya tanggal 7 Februari aku bisa ke klinik Morula lagi buat diskusi tentang embrionya sama pihak lab embriologi. Aku, suami, Ibuk, dan Ayah mengucap syukur karena masih ada 4 oosit yang berhasil dibuahi, tapi juga takut dan deg deg an nunggu perkembangan 4 embrio itu sampai nanti dihari ke 3 yaitu tanggal 7 Februari dan bisa bertahan terus gak sampai hari ke 5 tanggal 9 Februari. Kita semua cuman bisa berdoa biar embrio kita sehat-sehat terus sampai waktunya difreezing dan sampai waktunya ditransfer ke rahimku.

Embrio hari ke 3 (Senin, 7 Februari 2021)
Tanggal 7 Februari jadwalnya aku ke klinik buat lihat perkembangan embrioku. Karena hujan dari tengah malem bikin jalanan masih nggenang dan bikin ayah gak bisa nganter ke klinik. Akhirnya aku sama Ibuk berdua ke klinik naik taksi online. Sampai sana jam 11.00an dan langsung ketemu bagian lab embriologinya. Dijelasinlah sama mbak-mbak labnya kalau abis OPU, oosit langsung dicuci trus langsung diinjeksi sama sperma. Sperma suami volumenya 2ml ada 42jutaan dan yang bergerak progresif ada 45%, Tiap oositnya disuntikin sama 1 sperma yang terbaik (ICSI). Oositku sisa 6 yang bisa diinjeksi. Setelah diinjeksi ada 4 yang terfertilisasi dengan membentuk 2 cincin dan ada 2 lainnya yang gak terfertilisasi karena gak bisa membentuk 2 cincin. Dari 4 yang terfertilisasi itu ada 3 yang good, dan ada 1 yang moderate. Ditunjukin di monitornya perkembangan embrioku (sayang gak bisa didokumentasiin) nomor 1 sudah belah 8, nomor 2 sudah belah 9, no 3 sudah belah 8, dan no 6 masih belah 7. Normalnya di hari ke 3 embrio sudah mulai belah jadi 8. Makanya ada 3 yang good dan ada 1 yang moderate. Kalau ada 3 embrio yang good, disarankan untuk tunggu sampai hari ke 5 buat lihat perkembangan selanjutnya karena embrio terbaik ada di hari ke 5 sampai membentuk blastosit. Aku sepakat sama Ibuk buat nunggu sampai hari ke 5 sebelum difreezing. Sesungguhnya masih berbentuk embrio aja aku udah sayang sama calon anak-anakku itu dan terharu banget udah sampai tahap ini. :')

Embrio hari ke 5 (Selasa, 9 Februari 2021)

Tanggal 9 Februari hari selasa berangkat pagi-pagi karena excited buat lihat perkembangan embrioku di hari ke 5. Nyampe sana jam 9 pagi dan masih disuruh nunggu. Setelah nunggu lama, jam 11.15 baru dipanggil buat ketemu embriologinya. Mbak embriologinya masuk dan ngejelasin dulu. Dihari ke 3 ada 3 embrio yang good dan ditunggu sampai hari ke 5 biasanya yang berhasil berkembang cuman 30%. Jadi kalau aku punya 3 yang good, dihari ke 5 biasanya 30%nya ya cuman 1 yang masih berkembang. Waduh udah deg deg an banget mbak embriologinya ngomong gitu. Trus dia nglanjutin, tapi "Alhamdulillahnya 3 embrio Ibu di hari ke 3 yang good sampai hari ke 5 masih tetap good, dan yang 1 moderate tidak ada perkembangan". Alhamdulillah langsung lega dan terharu karena embrio-embrioku kuat :')

Mbak embriologinya ngejelasin kalau embrio pertama udah jadi blastosit, udah membentuk bakal calon janin dan calon plasentanya. Embrio ke 2 dan ke 3 udah expand blastosit jadi lebih bagus dari embrio pertama. Yang membedakan garis plasentanya yang embrio ke 2 dan ke 3 lebih tipis dari yang pertama. Jadi hasilnya embrio yang bisa difreezing ada 3. Alhamdulillah :)
Sama Mbaknya juga dijelasin kalau nanti untuk FETnya (Frozen Embrio Trnasfer), saat membangunkan embrionya kalau 50% dari bagian embrio masih baik dan respon bisa langsung ditransfer. Tapi kalau kurang dari 50% kondisinya kurang baik buat ditransfer jadi harus bangunin embrio yang lain. Trus aku nanya, kalau FET boleh gak ditansfer 2 embrio sekaligus. Kata Mbaknya untuk di Morula sendiri udah ada SOPnya, kalau untuk usia dibawah 35tahun yang ditransfer cuman 1 embrio aja. Kalau untuk usia diatas 35tahun bisa langsung ditransfer 2 embrio. Tapi katanya bisa didiskusikan lagi sama dokter spognya dibolehkan atau tidak buat langsung transfer 2 biar ada kemungkinan kembar. Abis dari embriologi langsung pulang ke rumah dengan hati yang sangat bersyukur.

hasil embrioku yang difreezing


Alhamdulillah Allah masih ngasih aku 3 embrio yang good buat difreezing. Sekarang aku cuma bisa berdoa dan terus berdoa supaya embrio-embrioku yang difreezing bisa sehat-sehat terus sampai nanti waktunya ditransfer ke rahimku. Dan rahimku segera sehat biar bisa jadi tempat pertama yang sehat buat calon anak-anakku nanti. Aamiin. Excited :)


RINCIAN BIAYA

Paket Year End IVF 2020 obat stimulasi pergoveris 1500iu Rp 87.400.000,-
terdiri dari : ❤ Obat stimulasi 10paket @150iu
                    ❤ Tindakan OPU (Ovum Pick Up)
                    ❤ Time Lapse Incubator
                    ❤ ICSI (Injeksi Sperma ke Ovum)
                    ❤ ET/FET (Embryo Transfer/Frozen Embryo Transfer)
                    ❤ Morula Food Suplemen : - Imesco (daya tahan tubuh) 30 kaplet salut selaput
                                                                  - Puspacal (kalsium) 30 kaplet salut selaput
                                                                  - Esfolat (asam folat) 30 kapsul salut selaput
                                                                  - Ubiquinol (Kwalitas telur) 30 kapsul lunak
                                                                  - Calcimax (Calcium Vit D3 + Vit K2) 16 tablet hisap
                    ❤ Morula Food Catering 14 hari
                    ❤ Fertility Wellness ke Bali selama 3hari 2 malam

Tes darah tanggal 2 Februari
            ❤ Estradiol, Progesteron totalnya Rp. 1.111.000,-

Kotrol Dokter Reino tanggal 2 Februari
            ❤ Kontrol Rp 850.000,-

Kotrol Dokter Riviq tanggal 3 Februari
            ❤ Kontrol Rp 410.000,-

Obat-obatan pasca OPU
            ❤ Analtram Tablet (6pcs)                Rp. 85.800,-
            ❤ Cefazolin 1 gram injeksi (2)        Rp. 35.400,-
            ❤ kalnex 500mg tablet (10 pcs)       Rp. 52.000,-

Embyo Cryopreserve Fee
            ❤ Embyo Cryopreserve            Rp. 2.090.000,-










2 komentar:

  1. haii kak ak baca perjuangan mu dari no 1 s.d akhir ini masya allah sedih ikutan bacanya,awal aku lagi cari about diatermy yg mana ak pun lg program jalani itu,finnaly kamu bayi tabung ya kak,kalau memang ada rejeki dan biaya gpp kak,justru klo sedih disaaat kita ga diksh kesempatan hamil satu2 nya cara IVF tp kendala dibiaya itu sedih banget semoga perjuangan mu membawa hasil.ya kak,ak juga lg berjuang untk anak ku yg ke 2 ini..semangat kak tetaplah berikhtiar dan berprasangka baik sy tau gmn lelahnya sih *virtual hug*

    BalasHapus
  2. MasyaAllah terimakasih yaa kak sudah baca blogku. Semoga bisa diambil baiknya, dibuang buruknya ya kak. Iya kak, alhamdulillah Allah kasih aku rejeki buat bayi tabung. Semoga untuk pejuang lain juga dilancarkan semua rejekinya yaa biar bisa terus ikhtiar lewat jalan apapun. Semangat juga buat kaka untuk ikhtiar anak keduanya yaa. Semoga dimudahkan semuanya :) Aamiin.

    BalasHapus