Rabu, 29 September 2021

IVF Journey part 4 "FET (Frozen Embryo Transfer)"

Hai..
Aku kembali nulis lagi setelah banyak drama yang terjadi. MasyaAllah.

Setelah OPU ditanggal 4 Februari 2021, tanggal 15 Februari aku kontrol ke dokter Reino lagi buat ngecek kondisi rahimku karena mensku maju seminggu. Berharap abis mens ini bisa langsung FET. 

FET atau Transfer embrio beku adalah salah satu proses dari rangkaian prosedur bayi tabung yang dilakukan dengan cara mencairkan kembali embrio yang sudah dibekukan sebelumnya. Prosedur ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk dijalani, jika ada kondisi tertentu yang menyebabkan pemindahan embrio harus ditunda terlebih dahulu (sumber google).

Waktu kontrol, dokter Reino cerita tentang embrioku yang udah difrozen alhamdulillah ada 3 yang good. Pas ditransV kata dokter rahimku masih bengkak-bengkak abis OPU dan kuret, dan ada cairan. Bisa jadi cairan ini bekas LO tahun kemaren, lalu dinding rahimku juga udah tebel. Untuk bulan Februari ini belum bisa ditransfer dulu karena rahimku belum siap. Dokter Reino bilang insyaAllah akan transfer di bulan Maret. Aku juga dikasih tau kemungkinan terburuk sama dokter Reino misalkan ini belum berhasil, berarti dari rahimnya atau embrio mungkin ada masalah. Jadi opsinya harus operasi LO lagi. Kaget sih denger gitu, kerana gak siap juga kalau harus operasi LO lagi. Tapi dokter Reino bilang kaya gitu bukan buat nakutin aku, tapi biar aku nyiain mental dengan segala macem hal yang bisa aja kejadian. Pokokya harus selalu positif thinking kalau bakal berhasil dan hamil, gitu kata dokter Reino. Aamiin.

Tanggal 17 Februari 202, alhamduillah hasil PCR suami udah negatif dan bisa pulang ke rumah setelah 3 mingguan isoman di hotel. Aku, Ayah, dan Ibuk seneng banget dan kita bertiga langsung jemput suami. Tapi keesokan harinya tanggal 18 Februari 2021 Ibuk dan Ayah harus balik ke malang karena udah 1 bulan di rumah nemenin aku dan Ibuk harus mulai masuk kerja lagi. Sedih karena rumah jadi sepi lagi dan proses IVF ini belum selesai.

Nganterin Ayah Ibuk ke Terminal buat balik ke Malang

Qadarullah....
Tepat seminggu setelah suami pulang isoman dari hotel dan seminggu setelah Ayah dan Ibu balik ke Malang. Di tanggal 26 Februari 2021 dini harinya rumahku kena angin puting beliung dan hancur semuanya. Kondisinya kita berdua lagi tidur, jam 00.00 dini hari aku denger suara "bruu bruu bruu" berisik banget. Trus aku bangunin suami, plafon kamar mulai jatuh-jatuh tuh debu dikit-dikit. Suami bersihin dan kita berdua denger suara "brak!!!". Aku sama suami keluar kamar buat lihat suara apa itu, dan baru selangkah keluar dari kamar, plafon kamar langsung ambruk. Alhamdulillah Allah masih nglindungin kita berdua. Kalau masih di kamar, kita pasti udah kejatuhan plafon dan gak tau kaya gimana kondisi kita. Pas keluar kamar, kita lihat plafon udah ambrol dan atap ruang tamu udah gak ada. Jadi aku sama suami langsung lihat langit dari dalem rumah. Kondisi lagi hujan deres banget dan air hujan masuk rumah semuanya.

Kaget, syok banget, nangis tapi sampe gak keluar air mata, bingung mesti gimana, kaki udah lemes banget, dada udah sakit, tapi ada suami yang selalu nenangin sambil bilang "istigfar, tenang, ayo kita selamatin diri dulu". Dalam hati, "ya Allah ujian apalagi ini?" Tapi di sisi lain juga bersyukur banget Allah masih nglindungin aku sama suami. Coba sedetik aja tadi aku sama suami gak keluar dari kamar, aku sama suami pasti udah kejatuhan plafon. Akhirnya aku sama suami keluar dari rumah buat ngungsi sama minta bantuan. Pas hujan udah berhenti dan masih dini hari, semua warga yang pada ngliat rumah kita dan bantuin beresin barang-barang kita sampai gak nyangka kita berdua masih bisa selamat dengan kondisi rumah yang kaya gitu. Alhamdulillah. Di setiap ujian pasti ada hal yang selalu bisa disyukuri. :')
Lagi-lagi kita gak ngasih tau kedua orangtua kita karena kita gak mau mereka kwatir, apalagi Ayah dan Ibuk juga habis dari Bekasi dan nemenin aku. Aku juga kondisinya lagi program IVF, nanti kalau tahu musibah itu Ayah Ibu malah sedih. Karena selama Ayah dan Ibuk di Bekasi kondisi emang lagi musim hujan, sering banget hujan tengah malem dan hujannya gede banget. Kita kwatir bakal banjir lagi kaya tahun kemaren, jadi gak pernah bisa tidur nyenyak dan tiap tengah malem kebangun karena hujan gede. Ternyata bukan rumah kebanjiran lagi, tapi Allah malah ngasih ujian puting beliung. Alhamdulillahnya Ayah dan Ibuk udah pulang ke Malang jadi gak tau kalau kita kena musibah itu. Tapi setelah rumah selesai direnovasi dan kita udah balik ke rumah kitapun akhirnya cerita sama semuanya.

Kondisi ruang tamu pas ngecek rumah pagi harinya


Selama proses rumah direnovasi kurang lebih 1 bulan aku ngungsi di rumah sodaraku. Selama ngungsi aku tetap lanjut buat proses IVFnya. Tanggal 10 Maret 2021 aku flek terus sampai hampir seminggu. Selasa tanggal 16 Maret 2021 akhirnya keluar darah merah dan langsung daftar buat kontrol ke dokter Reino. Pas ditransV katanya rahimku bagus, dan siap buat FET. Dokter Reino nyemangatin buat gak boleh stres, harus rajin olahraga, sama rajin minum obat dan gak boleh diskip-skip. Sama dokter dikasih obat proginova. Walaupun dikondisi yang kurang nyaman aku harus terus berusaha buat gak stres.

proginova

Ditanggal 26 Maret 2021 sore aku berangkat sendiri ke Morula buat kontrol. Suami nyusul ke Morula langsung dari kantor. Aku kontrol lagi buat tes darah dan lihat perkembangan rahimku gimana sama nentuin kapan FETnya. Pas di ruangan dokter Reino langsung transV dan katanya oke bagus dan siap buat FET. Akhirnya dijadwalin FET tanggal 1 April 2021. Aku tanya ke dokter boleh gak kalau ditransfer langsung 2, dan katanya boleh. Awalnya sempet ngobrol dulu sama suami tentang berapa embrio yang mau ditransfer dengan segala kemungkinannya. Kalau langsung transfer 2 seandainya berhasil alhamdulillah bisa langsung dapet kembar atau minimal 1 yang bisa bertahan. Tapi kalau gagal dua-duanya kita jadi cuman punya sisa 1 embrio yang difrozen. Tapi dengan pertimbangan matang dan doa banyak banyak sama Allah dan insyaAllah siap dengan segala resikonya kita mutusin buat transfer 2 embrio.
Trus dokternya nanya balik apa aku ada riwayat kembar, aku bilang ada tapi dari nenek. Kata dokternya tidak disarankan buat transfer embrio langsung 2 karena nanti kalau embrionya membelah lagi bisa jadi kembar banyak. Tapi semuanya tergantung keinginan pasiennya. Dari dulu aku sama suami emang pengen punya anak kembar. Kata suami "mungkin ini jalannya buat dapet anak kembar". Dokter Reinopun setuju buat langsung transfer 2 embrio. Sama dokter Reino cuman dikasih proginova lagi sama cygest yang dimasukin lewat vagina. Lagi-lagi dokter Reino pesen aku gak boleh stres dan kalau berdoa harus spesifik jangan cuman minta hamil. Tapi doanya harus minta punya anak yang sholeh dan sholehah. Excited karena udah dijadwalin buat FET dan boleh langsung transfer 2 embrio. Dari dokter Reino langsung ke lab diagnos buat tes darah hematologi rutin dan CRP. Setelah itu aku langsung ke ruangan suster buat dijelasin lagi tentang detail FET sama ngisi surat-surat penyataan. FET nanti dilakuin di ruang operasi dan gak bisa ditemenin suami karena kondisi pandemi ini. Keesokan harinya aku ke Morula lagi buat PCR sebelum tindakan FET.

aku tes darah

excited karena sudah dijadwalin FET

Sebenernya dari paket IVF year end yang kita ikuti ini aku dapet Morula Gift yaitu Fertility Wellness ke Bali 3 hari 2 malam. Sayangnya aku dan suami gak bisa ke Bali dulu setelah banyak drama mulai dari covid sampai puting beliung dan sekarang mau fokus buat FET dulu. Padahal dari terakhir jadwalnya cuman sampai 28 Februari udah diundur sampai 31 Maret tapi kita tetep gak bisa berangkat. Sedih sih karena Morula Giftnya hangus dan gak bisa direfund jadi gak bisa jalan-jalan buat ngurangin stres sedikit pasca suami sembuh covid dan pasca musibah puting beliung. Tapi ya gimana, sekarang fokusnya buat FET. 

Esoknya tanggal 27 Maret 2021 aku tes PCR dulu sebelum tindakan Frozen Embrio Transfer. Karena pandemi ini tiap mau ngelakuin tindakan harus PCR dulu buat mastiin bebas covid19. Rada rempong sebenernya cuman mau gimana udah prosedurnya, jadi harus ngikutin. Sebenernya kalau bukan pandemi tindakan FET bisa didampingin suami karena tindakannya gak dibius, lagi-lagi karena lagi pandemi jadi semuanya serba terbatas.

PCR tes

Hari yang dinanti akhirnya datang juga. Hari kamis tanggal 1 April 2021 jadwalnya aku FET jam 12.00 siang. Sebelumnya aku harus ketemu embriologi dulu jam 11.00 buat dikasih tau tentang perkembangan embrioku setelah dicairin. Tapi berangkatnya telat karena suami ke bengkel dulu jadinya rada stres nungguinnya. Karena udah telat pas nyampe Morula langsung masuk ruangan operasi padahal suami masih nyari parkiran dan aku belum sempet minta restu ke suami. Di ruangan suruh pake baju operasi tapi gak perlu nyopot baju karena aku nantinya sadar pas di FET. Sembari nunggu, orang embriologinya nyamperin aku dan jelasin tentang kondisi embrioku setelah dicairin. Kondisi embrio setelah dicairin alhamdulillah tetep good 100%.

hasil embrioku setelah dicairin

Gak lama setelah dijelasin tentang embrio aku disuruh masuk ruangan operasi dan boleh bawa HP. Sembari nunggu aku ngaji dulu trus videocall sama suami yang nunggu di luar dan videocall Ayah sama Ibuk buat minta restu. Sebelum tindakan disuruh minum banyak dan harus nahan BAK selama tindakan. Emang prosedurnya kaya gitu biar rahimnya kelihatan dengan jelas kalau kondisinya kebelet BAK. Akhirnya aku minum 1 botol sampai habis dan minta diisiin air lagi sama susternya dan aku udah minum habis 2 botol.
videocallan sama suami yang nunggu di luar

siap buat FET


Dokter Reino mulai dateng dan BISMILLAH langsung mulai tindakan sambil aku harus nahan BAK banget. Tindakannya sih cepet dan aku juga dalam kondisi sadar. Gak sakit sama sekali cuman kerasa dokter masukin sesuatu ke dalam rahimnya bisa dilihat lewat monitornya. Dokter Reino pesen aku harus bedrest selama 24 jam setelah FET dan selanjutnya boleh aktifitas biasa tapi gak boleh sampai kecapean dan gak boleh iseng tespack sebelum waktunya cek darah BetaHCG. 

setelah selesai FET

Abis selesai tindakan di ruangoperasi aku langsung pindah di ruangan recovery dan gak boleh langsung BAK harus rebahan dulu sekitar 20 menit. Selama nunggu aku ajak ngobrol embrio-embrioku calon kakak bayi. Aku bilang sambil terharu sendiri "Kakak bayi, tumbuh dan berkembanglah yang sehat ya di rahim Ibu, yang kuat yaa, semangat ya kita berjuang sama-sama". Aku juga ngabarin suami kalau udah selesai tindakannya.

Selama nunggu harus rebahan 20 menit setelah FET, rasanya udah gak betah banget, dan gak kuat banget pengen BAK. Pas udah 20 menit berlalu aku langsung BAK. Mungkin karena nahan BAKnya kelamaan aku gak bisa langsung BAK dengan lancar. Mulailah ada drama gak bisa BAK lagi. Jujur aku sampai nangis dan stres karena lagi-lagi aku gak bisa BAK kaya tahun lalu abis operasi LO. Padahal abis FET gak boleh stres, ini aku malah udah stres duluan karena gak bisa BAK. Aku bolak balik ke toilet dan duduk lama di toilet sampai susternya nanya karena takut aku kenapa-kenapa. Trus aku cerita ke susternya kalau aku gak bisa BAK dan susternya meriksa aku. Katanya kantung kemihku penuh banget. Suster langsung tanya dokter Reino katanya suruh pake air hangat tapi udah tak coba tetep aja gak bisa. Akhirnya dikateterlah sama susternya dan luega banget. Abis itu suruh minum air putih lagi dan belajar BAK. Udah mulai lancar tapi ngerasa pengen ke toilet terus karena belum ada 5 menit udah kebelet lagi. Sampai perutku tak pencet-pencet gak mikir kalau abis selesai FET. Trus karena itu aku jadi makin stres takut kalau embrionya kenapa-kenapa. Duuuuh baru awal aja udah stres duluan karena drama gak bisa BAK ini. Akhirnya sama suster dikasih obat buat ngelancarin BAK trus aku ambil darah dan dikasih obat-obatan yang lain kaya penguat kandungan ovidrel yang disuntikin ke perut. Akan ada drama suntik menyuntik lagi tapi ini cuman 3x kali dan yang pertama udah disuntikin sama susternya dan sisanya aku suntik sendiri di rumah. Setelah ngerasa udah enakan dan udah lancar BAKnya aku pamit pulang dan ketemu suami di depan dan dikasih oleh-oleh kaktus sama Morula.

oleh-oleh dari Morula

Pas di jalan pulang aku udah kepengen BAK lagi. Akhirnya mampir pom bensin dulu buat BAK. Maaf ceritanya agak jorok abis ini. Abis itu pas lagi lewat jalan I Gusti Ngurah Rai kan isinya stasiun doang, mana agak macet sedikit akupun kebelet BAK lagi. Tapi gak ada pom bensin buat aku berhenti. Kata suami suruh ngompol aja di mobil daripada ditahan takutnya malah gak bisa BAK lagi. Akhirya karena gak tahan banget, aku pasang pembalut dan ngompol juga. Karena pembalutnya gak bisa nampung dan mungkin masangnya aku kurang pas akhirnya bocor juga di kursi mobil. Maaf kalau ceritanya rada jorok yaaaa. Gak berani nahan BAk lagi karena udah trauma banget gak bisa BAK. Sampai rumah suami langsung bersih-bersih mobil dan aku langsung bedrest.

Sedih kenapa harus ngalamin drama itu abis FET. Padahal gak boleh stres tapi aku udah stres duluan. Udah gitu pake acara ngompol di mobil dan ngrepotin suami. Ya Allah suami itu orangnya sabar banget, gak pernah ngeluh, gak pernah marahin aku juga, dan selalu ngebantuin aku banget. Aku beryukur banget punya suami kaya dia. MasyaAllah. Waktu itu aku cuma bisa nunggu sampai nanti jadwalnya tes BetaHCG.


RINCIAN BIAYA

Paket Year End IVF 2020 obat stimulasi pergoveris 1500iu Rp 87.400.000,-
terdiri dari : ❤ Obat stimulasi 10paket @150iu
                    ❤ Tindakan OPU (Ovum Pick Up)
                    ❤ Time Lapse Incubator
                    ❤ ICSI (Injeksi Sperma ke Ovum)
                    ❤ ET/FET (Embryo Transfer/Frozen Embryo Transfer)
                    ❤ Morula Food Suplemen : - Imesco (daya tahan tubuh) 30 kaplet salut selaput
                                                                  - Puspacal (kalsium) 30 kaplet salut selaput
                                                                  - Esfolat (asam folat) 30 kapsul salut selaput
                                                                  - Ubiquinol (Kwalitas telur) 30 kapsul lunak
                                                                  - Calcimax (Calcium Vit D3 + Vit K2) 16 tablet hisap
                    ❤ Morula Food Catering 14 hari
                    ❤ Fertility Wellness ke Bali selama 3hari 2 malam

Tes Darah tanggal 26 Maret 2021
                CRP Kuantitatif               Rp 290.000,-
                ❤ Hematologi Rutin            Rp 110.000,-

Obat-obatan tanggal 26 Maret 2021
                Cygest 400Mg             Rp 493.200,-
                Proginova 2Mg            Rp 258.000,-

PCR SARS_COV-2 tanggal 27 Maret 2021
                Tes PCR        Rp 900.000,-

Tindakan Suntik Ovidrel Pen tanggal 1April 2021
               ❤ Suntik Rp 1.029.000,-

Pemeriksaan D-Dimer
               ❤ D-Dimer Rp 812.000,-

Obat-obatan pasca FET
               ❤ Arcadia 80Mg (17pcs)                Rp 23.800,-
               ❤ Cygest 400Mg (30pcs)                Rp 1.233.000,- 
               ❤ Medrol 4Mg (10pcs)                    Rp 63.850.-
               ❤ Monuril Granule 3g (1pcs)          Rp 316.900,-
               ❤ Progynova 2Mg (45pcs)               Rp 580.500,- 
               ❤ Vitamam 1capsule (15pcs)            Rp 76.500,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar